Discover / Temukan

Minggu, 19 Februari 2012

Perayaan Pemugaran Candi Borobudur ( Celebration of The Restoration of Borobudur Temple )



Diterbitkan: 23 Februari 1983
Perancang:
- Rp 250,-: Zainal Abidin
- Rp 150,-: Bodhi Trisyanto
- Rp 100,-: Nurman Tjahaja
SHP ini diterbitkan untuk merayakan selesainya pemugaran Candi Borobudur pada tahun 1983, terdiri dari 3 prangko yang masing-masing bernilai Rp 250,-, Rp 150,- dan Rp 100,-.
Prangko Rp 100,- bertema Kelestarian warisan budaya adalah tanggung jawabmu. Prangko ini menggambarkan proses pemugaran Candi Borobudur dan relief pada candi.
Prangko Rp 150,- bertema Kelestarian warisan budaya terletak di tanganmu. Prangko ini menggambarkan stupa-stupa Candi Borobudur dan patung Sidharta Gautama (Budha).
Prangko Rp 250,- menggambarkan sketsa irisan melintang Candi Borobudur dan patung Sidharta Gautama (Budha).
Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi pada masa Dinasti Syailendra yang menganut agama Budha. Setelah sekitar 1000 tahun terlupakan, baru pada tahun 1814 diketemukan lagi oleh Sir Stamford Raffles. Tahun 1900 mulai dilakukan usaha penyelamatan candi pertama kali oleh Van Erp dari Belanda. Tahun 1955 Indonesia meminta bantuan Unesco untuk pelestarian candi dan ditanggapi dengan datangnya Prof. Dr. C. Coremans dari Belgia.
Mulai tahun 1973 sampai tahun 1983 pemugaran dilakukan bekerjasama dengan Unesco dan melibatkan beberapa ahli dari berbagai negara. Diharapkan dengan pemugaran seksama ini Candi Borobudur bertahan untuk selama 1000 tahun lagi.

2 komentar:

  1. salam kenal bro. blognya bagus dengan koleksi yg lengkap. sy dulu juga pecinta filateli, tp sudah 10th tidak aktif. sekarang mau mulai aktif kembali, sekalian mau sharing melalui blog yang juga baru sy buat. jika berkenan, sy ingin mengutip beberapa info dr blog anda, untuk keperluan blog yg sy punya. "salam filateli" dan "salam bloging"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, saya juga baru mulai lagi koleksi prangko 2 tahun ini. Btw tahu blog prangko saya darimana?Silakan klo mau mengutip info dari blog saya, dengan senang hati...keep stamp collecting and keep blogging...:-)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...