Discover / Temukan

Jumat, 30 September 2011

Penerbitan Prangko Bersama Indonesia - Malaysia ( Indonesia - Malaysia Joint Issue of Stamps )

SHP Indonesia (Tema Indonesia)


SHP Malaysia
SHP Indonesia (Tema Malaysia)

Diterbitkan secara bersamaan di Kuala Lumpur dan Jakarta pada 8 Agustus 2011.
Perancang:
Prangko Indonesia: Creativa Vistama.
Prangko Malaysia: Peter Chuah / Orient Communications.
SHP ini diterbitkan dalam rangka membina saling pengertian dan hubungan persahabatan antara kedua bangsa serumpun. Masing-masing negara menerbitkan 8 prangko dengan nominal 8x 90 sen dan 8x Rp 2.500,-. Terdiri dari 4 tema, yaitu: monumen, uang kertas, prangko dan ayam hutan.
Tema Monumen:
- Indonesia: Tugu Proklamasi atau sering disebut juga Tugu Petir yang terdapat di Jakarta. Di Kompleks Monumen ini juga terdapat patung proklamator Bung Karno dan Bung Hatta serta Naskah Proklamasi.
- Malaysia: Tugu Negara Malaysia yang terdapat di Kuala Lumpur. Tugu ini didirikan untuk memperingati pengorbanan para pahlawan.
Tema Uang Kertas:
- Indonesia: Oeang Repoeblik Indonesia atau disingkat ORI. ORI merupakan mata uang pertama yang dimiliki Indonesia. Diterbitkan dalam bentuk uang kertas bernominal satu sen pada 30 Oktober 1946.
- Malaysia: Uang kertas pertama Malaysia dengan nominal satu sen diterbitkan pada 1 Maret 1959 dan mulai beredar pada 1 Juni tahun yang sama.
Tema Prangko:
- Indonesia: Prangko Pemerintah Militer Daerah Surakarta merupakan prangko darurat yang diterbitkan untuk menunjukkan semangat pantang menyerah bangsa Indonesia pada Agresi Militer Belanda II. Prangko ini diterbitkan pada bulan Agustus 1949 dengan nominal lima belas rupiah.
- Malaysia: Prangko pertama yang diterbitkan Malaya merdeka memiliki nominal sepuluh sen. Prangko ini dicetak dengan teknik intaglio dan menampilkan gambar Tunku Abdul Rahman.
Tema Ayam Hutan:
- Indonesia: ayam hutan hijau atau nama ilmiahnya Gallus varius.
- Malaysia: ayam hutan merah atau nama ilmiahnya Gallus gallus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...