Discover / Temukan

Senin, 19 September 2011

Ekspedisi Kapal Borobudur ( The Borobudur Ship Expedition)


Diterbitkan: 17 September 2005
Perancang: Koeboe Sarawan
SHP ini diterbitkan untuk menyambut keberhasilan Ekspedisi Kapal Borobudur 2003. Terdiri dari 2 prangko masing-masing bernilai Rp 1.500,-. Desainnya menampilkan:
- Kapal Borobudur dan Patung Buddha.
- Relief Kapal Borobudur yang terdapat di Candi Borobudur.
Candi Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar di dunia dan didirikan pada abad ke 9 Masehi oleh Dinasti Syailendra. Selama ratusan tahun candi ini tertimbun tanah dan baru ditemukan kembali pada tahun 1815 oleh Sir Stamford Raffles.
Pada relief Candi Borobudur terdapat profil kapal layar. Diperkirakan kapal layar tersebut digunakan nenek moyang kita ratusan tahun lalu untuk membawa rempah-rempah, terutama kayumanis untuk diperdagangkan sampai Afrika. Untuk merekonstruksinya maka dibuatlah kapal tradisional di Pulau Kangean, Madura. Desain kapal dibuat oleh Nick Burningham seorang pakar arkeologi maritim dari Australia berdasarkan relief kapal yang terdapat pada Candi Borobudur tersebut. Kapal yang dilengkapi dengan cadik dibuat secara tradisional seluruhnya dengan konstruksi kayu tanpa menggunakan paku dan logam.
Maka dimulailah Ekspedisi Kapal Borobudur pada 23 Agustus 2003 dengan nahkoda Kapten Laut (P) Gusti Putu Ngurah Sedana. Ekspedisi ini diluncurkan secara resmi oleh Presiden Megawati Sukarnoputri di Marina Jaya Ancol, Jakarta dan menempuh penjelajahan dari Jakarta, Indonesia ke Accra, Ghana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...